Minggu, 02 September 2012

Di taman Getsemani (Matius 26:36-46)

Bpk. Bunawi Sulaiman

Aplikasi:
Yesus juga membutuhkan simpati manusia saat menghadapi pergumulan. Sayangnya murid-muridNya tertidur walaupun diminta untuk tetap berjaga-jaga.

Janji Tuhan:
Allah selalu setia menemani pergumulan hidupku.

Komitmen:
Melatih diri untuk simpati kepada pergumulan sesama melalui kehadiran (perlawatan) di saat pergumulan atau pencobaan yang mereka hadapi.


Sdri. Arini Pasaribu

Aplikasi:
Dalam kegelisahan Yesus memilih berdoa daripada berbincang dengan murid-murid untuk menyampaikan isi hati. Sedangkan saya lebih memilih untuk curhat dengan harapan mendapat kelegaan.

Komitmen:
Saya harus curhat kepada Allah terlebih dahulu untuk segala permasalahan hidup.


Bpk. L. Sijabat

Aplikasi:
Ketika Yesus menghadapi pencobaan dan pergumulan yang sangat berat, Yesus berdoa dan berserah hanya pada Allah Bapa dan tidak menuntut kehendak sendiri.
Pelajaran buat saya bila menghadapi pencobaan berserah kepada Allah saja.

Janji Tuhan:
Ada damai dan kekuatan bersama Yesus.

Pdt. H. Sibuea

Aplikasi:
Rasul-rasul itu tertidur semua pada saat Yesus sedang bergumul sendirian. Saya juga pasti pernah tidur rohani di saat Yesus  bergumul mendoakan saya.

Janji Tuhan:
Yesus telah minum cawan dosa agar saya bisa selamat.

Komitmen:
Tetap setia kepada Yesus sampai akhir hidupku. Semoga Tuhan menolong saya.

Ibu Tuti Ketaren

Aplikasi:
Jikalau mungkin biarlah cawan ini berlalu, jikalau tidak mungkin kecuali apabila kuminum, kehendakMulah yang jadi.. Doa pergumulan Yesus, seringkali saya ucapkan juga dalam setiap pergumulan hidup saya.

Janji Tuhan:
Kehendak Allah selalu yang terbaik.

Komitmen:
Selalu berserah, untuk masalah yang kelihatannya buntu sekalipun.


Bpk. Anthonius Darma

Aplikasi:
Yesus mengajarkan betapa penting berdoa. Sehingga Petruspun ditegur untuk berjaga dan berdoa. Sayapun ditegur oleh Tuhan saat ini bagaimana kehdiupan berdoa saya dan apakah saya tetap terjaga.

Janji Tuhan:
Tuhan mendengar doa saya.

Komitmen:
Tetap setia berdoa dan berkomunikasi dengan Tuhan. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar