Minggu, 02 September 2012

Petrus akan menyangkal Yesus (Matius 26:30-35)

Sdri. Arini Pasaribu

Aplikasi:
Nubuatan tentang iman murid-murid yang akan tergoncang, disambut dengan kata-kata meyakinkan dari Petrus. Padahal pada akhirnya dialah yang menyangkal Yesus. Harusnya yang saya lakukan bila mendengar hal ini adalah semakin memperkuat doa dan penyerahan. Karena bukan dengan kekuatan sendiri iman saya bisa bertahan, tetapi hanya oleh pertolongan Tuhan.

Komitmen:
Lebih bergantung pada kekuatan Tuhan.

Bpk. Bunawi Sulaiman

Aplikasi:
Pagi ini saya belajar dari Petrus, dalam hal rohani kita tidak bisa percaya diri, tetapi harus percaya kepada kekuatan Allah.

Janji Tuhan:
Allah akan memberikan kekuatanNya adalah kita meminta.

Komitmen:
Mengoreksi diri agar tidak terjebak dalam kesalahan Petrus yang mengandalkan diri.


Bpk. Anthonius Darma

Aplikasi:
"..Aku Bangkit..", Yesus tahu iman murid-muridNya akan tergoncang tetapi Dia juga memberi jaminan bahwa Dia bangkit. Kebangkitan Yesus harus menguatkan saya dan menjadi pengharapan saya bahwa sayapun akan bangkit bersama Tuhan.

Janji Tuhan:
Ada kebangkitan didalam Yesus.

Komitmen:
Tetap fokus akan kebangkitan Yesus, bukan fokus pada pencobaan, masalah, penderitaan dan lain-lain.

Pdt. H. Sibuea

Aplikasi:
Baru saja Petrus perjamuan dengan Yesus dan murid-murid yang lain, dia sudah menyangkal Yesus. Hal ini dapat terjadi juga kepada saya tanpa sadar sudah menyangkal Yesus walaupun baru saja pelayanan...

Janji Tuhan:
Yesus tetap mengasihi saya seperti Dia mengasihi Petrus.

Komitmen:
Tuhan tolonglah saya supaya tidak menyangkalMu. Amin.

Sdri. Shifa

Aplikasi:
Petrus coba menantang Yesus dengan iman, padahal Yesus tahu Petrus telah menyangkalNya, Sama halnya dengan saya, mau berbohong atau berbuat kejahatan apapun dengan sembunyi-sembunyi, tidak ada yang tahu tetapi Yesus tahu setiap isi hati saya.

Komitmen:
Yesus tahu isi hati saya, saya mau lebih banyak mendekatkan hati dan pikiran saya, agar saya boleh dikuatkan dengan iman akan Yesus.


Sdri. Iin Kalumbang

Aplikasi:
Petrus dipilih langsung oleh Allah sebagai muridNya, yang hidup sehari-hari bersama Kristus, bisa jatuh dalam pencobaan, walaupun secara rasional dan ideal dia mengatakan bahwa itu tidak =mungkin terjadi. Menjadi pelajaran adalah jangan pernah memandang diri hebat karena rajin ke gereja dan lain-lain, karena pencobaan datang tanpa pernah di duga.

Komitmen:
Berserah kepada Tuhan.

Ibu Tuti Ketaren

Aplikasi:
Berespon terlalu cepat adalah kelemahan saya, iman tidak bisa diukur dengan kecepatan say aberespon, namun bisa dibuktikan dengan perbuatan.

Janji Tuhan:
Yesus Penolong yang setia.

Komitmen:
Lebih banyak mendengar dan merenungkan maksud Tuhan bagi diri saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar