Sabtu, 09 Juni 2012

Matius pemungut cukai mengikut Yesus (Matius 9:9-13)

Bpk. Anthonius Darma

Aplikasi:
Hari ini saya menyadari, mengapa para imam & ahli Taurat sulit untuk menerima Yesus. Oleh karena mereka menganggap diri mereka "benar" sehingga mereka tidak memerlukan undangan Yesus dan tidak ingin menjadi pengikutNya. Begitu juga dengan saya sulit sekali mengikut Yesus oleh karena saya menganggap diri saya "benar" sehingga kurang merespon panggilan Yesus dengan baik. Karena Yesus memanggil orang berdosa bukan orang benar atau menganggap diri benar.

Janji Tuhan:
Yesus senantiasa sabar memanggil saya.

Komitmen:
Mneyadari bahwa saya adalah orang berdosa yang memerlukan Yesus agar saya dapat merespon setiap panggilan Yesus dengan baik.

Sdri. Shifa

Aplikasi:
Yesus dilahirkan ke dunia ini untuk menghapuskan dosa-dosa manusia, bukan untuk orang benar.

Janji Tuhan:
Tuhan mengampuni orang berdosa.

Komitmen:
Saya ingin selalu berterima kasih dan bersyukur kepada Tuhan, karena masih dikasih kesempatan hidup walaupun dosa saya begitu banyak, saya harus selalu percaya kepada Tuhan, mematuhi perintahNya, agar saya tidak jatuh ke dalam dosa.

Sdr. Vincent Sibuea

Aplikasi:
Sepertinya terlambat bagi Matius untuk mengenal Yesus, tetapi semangatnya untuk menerima Yesus sungguh luar biasa. Lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali.

Komitmen:
Saya tidak mau menunda panggilan Yesus.

Ibu Irish Pasaribu

Aplikasi:
Yesus adalah Tabib dan sayalah orang yang sakit itu.

Janji Tuhan:
Yesus mengajak orang yang letih lesu dan berbeban berat dan akan memberi kelegaan.

Komitmen:
Saya mau datang pada Yesus karena saya berdosa, miskin, buta dan lemah.

Sdri. Arini Pasaribu

Aplikasi:
Yesus mengenal setiap hati. Walau "image" Matius tidak bagus, sedangkan orang Farisi terlihat suci, Yesus lebih memilih Matius.

Komitmen:
Walau banyak yang menilai saya telah salah, saya harus tegar karena Yesus benar-benar mengetahui isi hati saya yang sesungguhnya.

Pdt. H. Sibuea

Aplikasi:
Yesus melihat Matius sedang "duduk" (Pasif dan dilayani) dirumah cukai. Setelah Yesus memanggilnya maka dia "Berdiri" (Aktif dan melayani) lalu mengikut Yesus. Yesus mau agar saya aktif melayani bukan pasif yang hanya "Memungut" sesuatu.

Komitmen:
Saya mau agar Yesus mengubah saya dari "Duduk" menjadi "Berdiri"dan dari "Memungut" menjadi "Melayani".

Sdr. Julwanto Siahaan

Aplikasi:
Ayat 13 Yesus memanggil saya yang berdosa. Namun saya merasa sedih karena kesusahan yang saya hadapi menjadikan saya tak mampu dengar suara Tuhan, malah mendengar suara yang membuat lemah iman. Tuhan tetap memanggil saya setiap saat karena Ia tak pernah jauh tapi hadir terus mengelilingi saya.

Komitmen:
Hari ini saya mau dengar nasehat Tuhan dan pergunakan dengan baik.

Ibu Sima

Aplikasi:
Saya selama ini merasa tdk layak dtg kepada Yesus karena saya merasa orang yang berdosa. Saya percaya bahwa janji Tuhan itu sangat nyata. Dia datang bukan untuk orang benar, tapi utk orang berdosa seperti saya ini.

Komitment:
Saya mau mengikut Yesus walaupun saya tahu akan banyak tantangan, tapi saya percaya Tuhan Yesus akan tolong saya .Amin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar