Senin, 15 Oktober 2012

Dosa dan penderitaan (Lukas 13:1-5)

Ibu Irish Pasaribu

Aplikasi:
Tubuh memang lemah dan cenderung berbuat dosa, tetapi Yesus berkata bahwa percaya terus dan berharap dan minta kekuatan padaNya.

Janji Tuhan:
Hidup kekal bagi yang bertahan dalam Yesus.

Komitmen:
Berharap terus dan minta kekuatan.


Sdri. Frida Hasibuan

Aplikasi:
Yesus tidak mempersoalkan besar kecilnya dosa. Ia inginkan pertobatan yang sungguh.

Janji Tuhan:
Yesus mau mengampuni dosaku.

Komitmen:
Bertobat dengan sungguh-sungguh.


Bpk. Anthonius Darma

Aplikasi:
Untuk menghindar kematian yang tidak wajar, pertobatan dibutuhkan. Yesus juga ingin saya bertobat.

Janji Tuhan:
Yang bertobat akan mendapat janji pengharapan hidup kekal.

Komitmen:
Bertobat dengan sungguh-sungguh dan tetap setia kepada Tuhan.


Sdri. Arini Pasaribu

Aplikasi:
Dosa adalah dosa. Tidak ada dosa besar atau kecil. Upah dosa ialah maut.

Komitmen:
Harus bisa menyatakan dosa itu adalah dosa (Tidak kompromi).


Pdt. H. Sibuea

Aplikasi:
Derita dan aniaya bisa terjadi kepada orang beriman. Orang yang hidupnya selalu lancar seperti orang-orang Yahudi bukan berarti tidak ada dosanya. Orang berdosa akan dapat hukuman.

Janji Tuhan:
Sesudah kesusahan ada kelepasan bagi orang yang beriman kepada Yesus.

Komitmen:
Tetap setia kepada Yesus meskipun banyak tantangan.


Bpk. L. Sijabat

Aplikasi:
Kata Yesus sangkamu ke 18 orang yang mati dekat kolam Siloam lebih besar dosanya daripada orang Yerusalem? Ini tegoran juga buat saya, supaya tidak menganggap orang lain lebih besar dosanya daripada saya dan menegor saya apakah tabiat saya sudah standar Kristus?

Komitmen:
Saya mau introspeksi diri saya apakah saya sudah hidup sebagaimana yang Yesus inginkan? Kiranya Tuhan menolong saya. Amin.


Bpk. Bunawi Sulaiman

Aplikasi:
Pagi ini saya mendapat amaran untuk tidak mengambil "keuntungan" rohani karena orang lain melakukan kesalahan atau dosa. "Sangkamu orang Galilea lebih besar dosanya?" Tidak! Yesus dua kali mengingatkan, kecuali saya bertobat, nasib saya juga sama, akan binasa.

Komitmen:
Saya mau mengundang Roh Kudus untuk menuntun saya kepada pertobatan yang benar dan bebas dari salah sikap "merasa benar".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar