Selasa, 09 Oktober 2012

Orang Samaria yang murah hati (Lukas 10:25-37)

Bpk. Anthonius Darma

Aplikasi:
Pelajaran hari ini mengajarkan kepada  saya, mengetahui kebenaran adalah baik dan penting, namun yang lebih baik dan penting adalah mengaplikasikan di dalam kehidupan. "pergi dan perbuatlah demikian."

Janji Tuhan:
Hidup yang kekal.

Komitmen:
Mengaplikasikan kebenaran yang saya ketahui dalam hidup saya hari demi hari. Amin.


Sdri. Iin Kalumbang

Aplikasi:

Yesus dicobai ahli Taurat dan menjawab tidak dengan pengetahuanNya, tetapi dengan yang di ketahui oleh ahli Taurat tersebut, Dan dengan perumpamaan, sehingga ahli Taurat tersebut mengambil kesimpulan sendiri sebagai jawaban.

Kadang saya suka sok tahu dan mengharapkan orang mengerti jawaban atau maksud dan tujuan dengan menggunakan bahasa saya tanpa memikirkan kesanggupan pola pikirnya. Yesus sangat sabar menjawab pertanyaan ahli Taurat walau Yesus tahu maksud dan tujuannya. Menjawab seperti Yesus bisa terhindar dari dosa atau kalimat yang bisa disalah artikan.

Komitmen:
Bijaksana dalam berkata-kata dan belajar rendah hati.


Sdri. Arini Pasaribu

Aplikasi:
Orang Samaria menolong tidak setengah-setengah dan tidak merugikan orang lain. Biasanya saya menolong orang hanya berdasarkan apa yang ada pada saya bahkan kelebihan dari yang saya punya (Sisa).
Dalam menolong harus ada pengorbanan, bukan semata karena ada kelebihan.

Komitmen:
Berusaha untuk menolong dengna lebih maksimal lagi.


Ibu Irish Pasaribu

Aplikasi:
Orang Samaria itu telah berbuat yang terbaik kepada orang asing itu. Suatu perbuatan yang sangat luar biasa. Iman tanpa kasih adalah mati.

Komitmen:
Saya mau menolong orang yang perlu ditolong tanpa pamrih.


Ibu Tuti Ketaren

Aplikasi:
Sesama manusia, bukan hanya teman saya atau keluarga saya yang patut saya kasihi. 

Janji Tuhan:
Yesus sangat mengasihiku.

Komitmen:
Saya mau tidak memilah orang yang akan saya tolong.


Pdt. H. Sibuea

Aplikasi:
Siapakah yang seharusnya lebih baik:orang yang mengaku beragama atau tidak? Orang Samaria ini tidak mengaku beragama tetapi bebruat kasih kepada orang Yahudi yang beragama ketat. Apakah agamaku membuat saya lebih baik atau sama dengan orang Yahudi?

Jani Tuhan:
Ada upah bagi orang yang berbuat baik.

Komitmen:
Berbuat baik bagi semua orang apapun suku dan agamanya.


Sdri. Shifa

Aplikasi:
Tuhan mengajarkan kepada saya untuk menjadi orang yang berbelas kasihan kepada siapapun tanpa mengharapkan pamrih.

Komitmen:
Mau memaafkan orang yang sudah buat saya marah, lebih merendahkan diri dan mengasihi sesama terlebih Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar